Tutorial Membuat Blog di Wordpress

Posted by Enaknya Ngeblog's | 7:17 AM | , , , , | 0 comments »

Postingan yang lalu dimana kita telah membahas tentang bagaimana cara membuat blog diblogspot nah postingan kali ini kita akan membahas bagaimana langkah-langkah membuat blog berbasis wordpress,  diwordpress sama juga neh seperti diblogspot (sama-sama gratis maksudnya). Sedikit tentang wordpress, wordpress adalah salah satu blog platform yang banyak digunakan saat ini, wordpress memberikan banyak kemudahan bagi blogger untuk memodifikasi dan menginstall plugin, mungkin inilah yang menjadi salah satu faktor yang membuat blog wordpress banyak digunakan oleh para blogger.

Langsung aja dah kita mulai langkah-langkahnya.
  1. Harus mempunyai email. Email mana aja yang penting ada dan masih valid.
  2. kunjungi situsnya “www.wordpress.com” kemudian klik “Sign Up” untuk mendaftar dan isilah kolom pendaftaran dengan lengkap dan benar.
  3. “Username”  : isilah username yang kamu inginkan, ini nantinya akan menjadi alamat blog kamu.
  4. “Password” : isilah dengan password kamu.
  5. “Email Address” : isi dengan alamat email kamu yang masih valid karena dengan alamat email inilah kamu akan diberikan verifikasi aktivasi pendaftaran account kamu di WordPress.
  6. Jangan lupa menchecklist kolom “I have read and agree” sebagai tanda persetujuan kamu dalam hal segala ketentuan yang diberikan Wordpress.
  7. Jangan lupa juga untuk menchecklist tanda kolom “Gimme a Blog”  maksudnya adalah bahwa kamu kepengen kalau “Username” (point 3) kamu tadi dijadikan sebagai alamat blog kamu dan kalau semua form pendaftaran udah terisi dengan benar lalu kliklah “next” untuk melanjutkan keproses berikutnya.
  8. buka alamat email yang kamu masukan tadi, dan kliklah link yang diberikan wordpress untuk pengaktifan account yang baru kamu buat tadi.
  9. Setelah account kamu aktif loginlah menggunakan username dan password kamu.
  10. Masuk ke Dashboard carilah menu dropdown “My Account” pilih “Global Dashboard”.  Dashboard inilah yang merupakan panel utama kita untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan blog. Kamu bisa menulis posting atau artikel baru, mengelola seluruh isi blog kamu, membuat dan mengatur desain tampilan blog, me-review seluruh komentar yang telah dikirim pengguna, maupun mengupgrade blog kamu dan berbagai pengaturan untuk blog kamu. Tinggal expresikan aja aksimu dimenu dashboard ini, buatlah postingan dan tampilan blog yang sebagus mungkin.
  11. selesai.

Jangan lupa baca juga tulisan yang ini :

0 comments

Post a Comment